Jalan

Selamat Datang di Blog IKAM TUBABAR

Kamis, 22 November 2012

Ikam Tubabarku, Langkah awal untuk mengabdi


Adi Irawan
Sekertaris Umum Ikam Tubabar
Perubahanan merupakan sebuah keniscayaan, begitu pula dengan daerah Tulang Bawang Barat, dari waktu ke waktu mengalami banyak perubahan. Salah satu yang mempengaruhi dan harus ada dalam sebuah perubahan daerah maupun perubahan tatanan masyarakat ke arah yang lebih baik dan bemartabat adalah adanya ketersediaan sumber daya manusia (SDM) yang handal. Hal ini harus ada karena sumber daya manusia inilah yang akan menjadi kunci pokok ke arah mana perubahan akan diwujudkan.

Sumber daya manusia yang berkualitas selalu diidentifikasikan oleh mereka dari kalangan pelajar dalam masyarakat. Dan sejarah pun telah membuktikan bahwa kaum terpelajarlah yang selalu inisiatif (memrakarsai) bagi proses perubahan. Hanya saja untuk mencapai yang demikian, diperlukan sebuah sistem yang dapat mengorganisasikan segala potensi kalangan terpelajar tersebut agar mampu menjadi energi perubahan ini.

Jika kita melihat sejarah, maka perjuangan kaum terpelajar,misalnya yang dilakukan oleh Soekarno dkk. di Bandung atau M.Hatta dkk., maka diperlukan sebuah organisasi yang tersusun dan dalam bentuk sistematika yang baik.

Dalam ruang lingkup yang lebih kecil, kita melihat kondisi objektif yang terpampang di daerah Tulang Bawang Barat, berbagai masalah belum terselesaikan!: seperti cukup maraknya tingkat kriminalitas, korupsi, pengangguran, rendahnya moralitas dan berbagai problematika lainnya. Hal ini yang menjadi sebuah landasan diperlukannya sebuah solusi yang tersistematis dalam dalam bentuk forum atau keorganisasian.

Oleh karena itu, sebagai tanggung jawab intelektualitas terhadap kondisi ini, kepedulian dan sensitifitas terhadap persoalan tanah kelahiran ini harus mampu diwujudkan, karena memang jika bukan mahasiswa ataupun kaum terpelajar yang berasal dari Tulang Bawang Barat, siapa lagi?.

Maka dengan adanya sebuah organisasi yang mewadahi dan mengarahkan kerja-kerja nyata untuk mewujudkan kebaikan-kebaikan bagi Tulang Bawang Barat sangat diperlukan. Dan tentu saja, tidak hanya menjadi sebuah nama yang tidak ada kontribusinya. IKAM TUBABAR (Ikatan Mahasiswa Tulang Bawang Barat) hadir dalam upaya memajukan daerah Tulang Bawang Barat berdasarkan kompetensi keilmuan yang kami miliki.

1 komentar: